Laman

Visitor

Friday, March 27, 2015

Buku Panduan Bercocok Tanam (Halaman Organik)

Judul: Halaman Organik
Penyusun: Soeparwan Soeleman & Donor Rahayu (Green Couple, Pendiri FAM Organik)
Penerbit: Agromedia
Tahun Terbit: 2013



Buku ini pas sekali untuk buku panduan dalam menanam tanaman organik di rumah oleh diri sendiri. Kebetulan, saya sudah lama ingin menanam sayuran di rumah dengan memanfaatkan lahan yang tak cukup luas. 



Buku ini menjelaskan mengenai konsep dan pendekatan untuk memulai bercocok tanam secara sehat, dan juga diberikan ulasan-ulasan mengenai cara menanam tanaman organik dan pemanfaatan lahan yang tak cukup luas.


Penjelasan mengenai betapa pentingnya kesehatan dengan cara memulai mengkonsumsi sayuran organik juga tersedia di buku ini. 

Bahkan, dalam buku ini membahas mengenai alat-alat berkebun, bahan alternatif media tanam, dan cara mengetahui media yang lembab untuk tanaman. 

Halaman 38


Bahasa dalam buku "panduan" ini cukup simpel dan mudah dimengerti oleh orang awam macam saya. Dan, disertai gambar yang mmebuat kita lebih jelas untuk mempraktekan. Seperti gambar di atas. 

Membuat media tanam

Botol bekas untuk pencangkokan Rosemary


Pada bab-bab terakhir, dijelaskan pula mengenai panen dan pasca panen. Dijelaskan pula mengenai pengolahan pupuk dari limbah rumah tangga dan bagaimana cara penyiraman yang tepat.

Manfaat dalam buku ini begitu banyak, sehingga saya tidak bisa menyebutkan satu per satu atau memamerkan foto-foto bagiannya di sini. Jadi, teman-teman yang berniat ingin memulai hidup sehat dengan menanam tanaman organik tetapi tidak memiliki cukup lahan, atau memiliki lahan luas tapi tak tahu untuk apa. Buku ini cocok untuk dijadikan panduan dan referensi.


Terima kasih kepada BBI yang sudah memberi saya kesempatan untuk mereview buku ini :)

 photo Ullan2.png

No comments:

Post a Comment