Laman

Visitor

Monday, January 25, 2016

[Review + Giveaway ] Novel Tough Love karya Ollyjayzee




Penulis: Ollyjayze 
Editor: Afrianty P. Pardede
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.:269
ISBN: 978-602-02-7722-6


Blurb:

Setelah cowok ‘inceran’-nya jadian dengan cewek lain, Orin rasanya ingin beristirahat dulu dari status patah hatinya. Sang Bos yang biasa dipanggil Pak Berlyn, menghadirkan Sunu yang diyakini bisa menyembuhkan rasa patah hatinya. Terkutuklah Berlyn dan ketidakberadaannya di kantor yang seolah-olah telah membuat seorang Orin merasa kehilangan dirinya.


Harusnya ikatan antara Orin dan Berlyn tidak boleh seperti ini. Selain karena Berlyn adalah bosnya, playboy cemen itu sudah memiliki istri cantik lengkap dengan seorang putri lucu. Ditambah dengan kehadiran Sunu yang terang-terangan ingin memulai hubungan serius dengan Orin membuat Orin tersiksa. Tidak pada tempatnya Berlyn bermain-main dan tebar pesona palsu pada Orin sebagai pencitraan bahwa dirinya tak mengalami penurunan pesona di usia menjelang pertengahan tiga puluh!



Sinopsis:

Tough Love bercerita mengenai Orin yang kena PHP sama mantan atasannya, Puji. Padahal dia sudah bela-belain minta dipindah tugaskan ke lapangan yang lebih penuh dengan laki-laki daripada perempuan. Eh, setelah pengorbanannya sejauh itu, Puji justru dekat dengan Sandra! Teman satu mesnya.

Tentu Orin sangat kecewa dengan sikap Puji kepadanya, meskipun memang mereka belum resmi jadian. Tapi, sikap Puji benar-benar tidak terpuji lantaran memberikan harapan palsu pada Orin.

Melihat Orin yang sedih terus karena harus menelan kekecewaan terhadap Puji, atasnnya Pak Berlyn muncul dalam kehidupan Orin. Laki-laki yang berumur pertengahan tiga puluh tahun itu genitnya minta ampun, deh. Setiap bertemu dengan Orin selalu memanggil sayanglah! Cintakulah! Padahal nih, ya, si Berlyn sudah punya istri yang cantik dan seorang anak perempuan. Orin yang lucu, menggemaskan, selalu menjadi bahan godaan untuk Berlyn. 

Tapi, dibalik keusilan Berlyn, atasan Orin itu sangat peduli dan perhatian terhadap Orin. Terlebih lagi ketika Puji terang-terangan masih tebar sana sini sama Orin. Untuk itulah, Berlyn menghubungi istrinya untuk mengenalkan Sunu, sepupu jauh Irma – istri Berlyn- , kepada Orin.

Sunu pria tinggi berkulit agak gelap – berbeda dengan Berlyn yang putih bak bule – datang dalam kehidupan Orin. Bahkan, laki-laki itu terang-terangan mengatakan melakukan pendekatan terhadap Orin. Sayangnya, meskipun Sunu pria tampan dan mapan, tak mampu meyakinkan hati Orin. Gimana mau yakin, jika dia baru saja patah hati sama Puji yang mukanya pas-pasan dan sekarang Sunu yang jauh lebih cakep mengatakan menyukai Orin?

Eh, tapi, Sunu tidak berhenti begitu saja meskipun Orin terang-terangan bilang belum yakin dengan hubungan mereka. Sunu tetap melakukan pendekatan pada gadis unik, lugu, dan kurang percaya diri itu. Mulai dari antar jemput dari mes ke kantor dan sebaliknya. Ditambah lagi, Berlyn seakan-akan mendukung penuh hubungan Sunu dan Orin. Mau tak mau, pelan-pelan Orin mulai memiliki perasaan khusus terhadap Sunu. Sayangnya, baru saja Orin ingin percaya, ternyata Sunu mempunyai rahasia yang membuatnya kecewa.

Review:

Terus terang, pada bab awal saya membaca novel ini langsung tertegun. “Please, deh. Kok gue banget ya?”Ya, ya. Mungkin kisah ini juga pernah teman-teman alami atau justru sedang mengalaminya. Terasa membumi banget gitu deh. Apalagi mengenai Puji yang biasanya ke mes cari si Orin, sekarang cari si Sandra. Kok seperti saya sama.... *sensor*. Tak hanya mengenai hal itu, saya juga merasa ada beberapa hal yang kesamaan dengan Orin. Seperti Orin yang punya tingkat kepercayaan diri rendah, yang kata si Luna dia itu pemalu, lugu, dan mudah dibodohin. 

“Kata Mas Puji Mbak Orin itu orangnya unik banget. Jadinya susah dideketin,”celetuk Sandra. (hal 87)

“....Orangnya kayak tenggelam dalam dunianya sendiri gitu. Asyik sama diri sendiri sehingga seolah nggak butuh orang lain. ...”(hal 87)

Ya, dua cuplikan dialog di atas menggambarkan saya banget. Dan, itu merupakan pandangan dari orang-orang di sekitar Orin. Tapi, mengenai hal ini saya kurang setuju. Dari pengamatan saya, Orin ini orangnya asik, ramah, supel, dan tidak pemalu. Tapi, entah kenapa orang-orang terdekat Orin mengatakan si Orin ini pemalu.

....dorongan itu begitu kuat, dan sesuatu berpilin dalam diri Sunu. Tanpa bisa menahan diri, Sunu mendekat dan membungkuk. Pada wajah Orin yang menatapnya dengan padangan tak mengerti, Sunu tersenyum lembut. Sebentar. Karena detik berikutnya bibir Sunu telah mendarat di bibir Orin yang ternganga kaget. (hal. 99)

Ketika saya membaca pas cuplikan di atas, saya senyum-senyum sendiri dan merasakan kehangatan yang disampaikan oleh Sunu pada Orin. Ya, ya, mungkin ini efek karena saya merasa seperti Orin. :D. 

Menurut saya, kelebihan dari novel ini adalah sangat menghibur. Pada satu sisi, terus terang penggambaran karakter yang tidak konsisten dan tak mendalam. Dari deskripsi dan perkataan orang-orang sekitar, Orin ini berkarakter pemalu, susah bergaul, dan tidak ramah. Dari dialog dan sudut pandang saya, Orin asik, mudah bergaul, dan punya kualitas untuk membuat orang lain nyaman. Tapi, jika saya mengeyampingkan mengenai karakter tersebut, saya menemukan cerita yang menghibur dan dialog-dialog konyol Berlyn dan Orin.

"Orin, sadar nggak sih, kamu kalau jatuh cinta itu nggak perlu pakai setting perasaan segala? Jatuh cinta itu terjadi secara alami dan spontan. Jadi saat jatuh cinta itu waktunya emosi yang maju dan logika mundur buat istirahat."(hal. 142)

Dan, astaga, di sini Sunu dan Berlyn benar-benar tipe-tipe pria yang bikin perempuan klepek-klepek. Ditambah lagi, dalam novel ini perasaan teman-teman akan diaduk-aduk. Serius. Saya awalnya si Orin sama si A, lama di tengah-tengah saya berpikir Orin bakalan sama si B, di ending ternyata tebakan saya salah keduanya! Errr!

"Orin, apa juga yang kamu ragu dari Sunu. Dia cowok yang baik. Aku jamin deh. Aku kenal lama sama dia. Dan aku nggak pernah lho liay dia seserius ini."(hal. 159)
"Jatuh cinta tetep pakai logika. Nggak buta. Kalau nggak bisa jatuh cinta secara spontan, logika haru berperan. Dengan logika kita bisa mengatur bagaimana mengondisikan diri menerima seseorang yang belum menyentuh hati kita. Kita juga harus menggunakan akal sehat dalam menilai seseorang, bukan semata dorongan emosi sesaat. Pernah nggak sih kamu pernah mengagumi seseorang secara perlahan?" (hal. 163)  
"Bila kita ingin dipahami orang lain, kita harus belajar memahami orang lain. Kita tidak akan pernah mengubah atau menuruti apa mau kita kecuali orang itu mau mengubah diri sendiri. Sejauh yang bisa kita lakukan adalah kompromi."(hal. 164) 

Jadi, novel ini bergaya metro pop. Bagi teman-teman yang suka dengan genre tersebut, bolehlah untuk membacanya. Dan, saya ingatkan sebelum membaca ya, HATI-HATI JATUH CINTA SAMA BERLYN DAN SUNU!!

"Rin, tau nggak bahwa saat ini, kamu pegang boarding pass  buat langsung masuk ke kehidupanku?" (hal. 262)


Giveaway:

Ini dia yang ditunggu-tunggu. Baiklah, sebelum saya mengajukan pertanyaan kepada teman-teman, saya mau mengucapkan terima kasih kepada Mbak Olly yang sudah memilih blog ini sebagai salah satu blogtour #NovelToughLove . Sebagai informasi, Mbak Olly ini juga penulis di wattpad loh!

Mbak Olly sudah menyiapkan satu buah #NovelToughLove untuk teman-teman, caranya mudah kok buat dapetinnya.


1 | Silakan jawab pertanyaan di bawah ini beserta alasannya.

Mari berandai-andai. Seandainya kalian di posisi Orin, kalian bakalan milih siapa?
A. Berlyn yang genit minta ampun, dan sudah mempunyai keluarga.
B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.
C. Puji cowok nyebelin yang sudah PHP-in si Orin. 

Jangan lupa sertakan nama, akun twitter/IG, domisili, jawaban kamu.

2 | Share giveaway ini dengan cara seperti di bawah ini:

via twitter:

Follow akun twitter @ollyjayzee, @elexmedia dan @nonakenanga. Share link giveaway dengan mention akun @ollyjayzee, @elexmedia dan @nonakenanga dengan hastag #NovelToughLove. Jangan lupa ajak teman-teman kamu juga ya!

via Instagram:

Follow akun twitter @ollyjayzee, @elexmedia dan @wulankenanga. Respost banner giveaway di bawah ini, dan jangan lupa sertakan link giveaway di caption. Tag @wulankenanga dan @ollyjayzee sertakan juga hastag #NovelToughLove .

Banner
3 | Giveaway berlangsung selama 26-30 Januari 2016
4 | Giveaway hanya untuk yang berdomisili di Indonesia
5 | Pengumuman paling lambat seminggu setelah giveaway di tutup.

SEMANGAT!!





21 comments:

  1. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang

    Mari berandai-andai. Seandainya kalian di posisi Orin, kalian bakalan milih siapa?
    A. Berlyn yang genit minta ampun, dan sudah mempunyai keluarga.
    B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.
    C. Puji cowok nyebelin yang sudah PHP-in si Orin.

    jawaban:
    Duh pilihannya nggak ada yg mudah ya?? Semua beresiko niy :D

    Berlyn mempesona siy...tapi sudah punya istri dan anak, gak tega deh kalau harus menyakiti sesama wanita. Jadi untuk Berlyn, No!

    Puji, sudah pasti BIG NO! Cowok kayak gini sih harus dijauhin! Pegel hati ngeladeninnya!

    Sunu emang single, tampan dan perhatian, tapi masa lalunya bisa jadi kerikil dalam hubungan niy... :(
    Tapi semua orang pasti punya masa lalu kan? baik ataupun buruk. Dan dalam cinta itu selalu ada pengorbanan. Jika Sunu belum bisa melepaskan masa lalunya, mungkin dengan adanya aku bisa memberikan dia keyakinan lebih dan tekad yang kuat buat dia melepaskan masa lalu itu. Kami bisa saling mengisi dan menyembuhkan luka masing-masing, dan bila Tuhan berkehendak bisa saja kami memang berjodoh.

    Jadi pilihanku adalah Sunu! :D

    ReplyDelete
  2. Reviewnyaaaa bikin -------- >_< gemes wkwkw
    itu kutipannya bener" romance deh mbak hahaha

    Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Domisili: Pekanbaru

    jawaban:

    Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.

    kenapa milih Sunu:
    karena kayaknya cuma Sunu yang paling 'top of the top' dari pilihan tadi.
    apalagi katanya Orin itu pemalu, lugu, dan mudah dibodohin. Dan mungkin dengan memilih Sunu, Orin bisa pinteran dikit lah menilai orang.
    Tipe-tipe kayak Sunu itu gampang menyakiti orang, jadi mungkin Orin juga bakalan kena, tapi dengan begitu Orin bisa jadi pribadi yang lebih waspada gitu >_< *okesayasotoy*

    Dan juga setiap orang punya masa lalu kok, kan namanya hidup ada present tense, past tense sama future tense, ya itu tinggal masalah orangnya mau nanggepin gimana. Ada orang-orang yang bisa nanggapin masa lalu dengan gampang, tapi ada juga yang butuh bantuan orang lain. Aku mau kok bantuin Sunu buat menatap hari yang cerah di depan mata hihi >_<)9

    ReplyDelete
  3. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Domisili : Jepara

    Duh, habis baca review ini jadi pengen langsung comot buat dibaca. Seru banget Mbak Wulan pas me-resensi.

    Dan kalau disuruh berandai-andai ...?

    Aku pilih [B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.]

    Sebenarnya Berlyn oke, tapi ... sayangnya dia sudah nikah. Puji ah sejak baca aku langsung illfeel sama dia. Jadi pilihan yang paling aman ya Sunu. Yah, meski dia punya rahasia.

    It's oke setiap orang memang pasti punya masa lalu. Tapi mungkin gara-gara Orin malah Sunu bisa melepas masa lalu. Who know's gitu? Hehh. Kan namanya juga andai-andai. Kadang sosok cewek kayak Orin punya sesuatu yang membuat cowok berubah, eh. hehh Sok tahu lagi.

    ReplyDelete
  4. Nama: Afif Rohman
    Twitter: @_Afif_Rohman
    Domisili: Lamongan

    Jawaban:

    B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.

    Alasannya: Karna mencintai orang yang juga mencintai kita itu jauh lebih menyenangkan. Kalau soal masa lalu sunu! itu kan hanya masa lalu, hanya sebuah catatan usang yang sengaja Tuhan selipkan dalam tumpukan buku-buku baru. Yang mana catatan itu hanya perlu dibaca, bukan ditulis ulang.

    ReplyDelete
  5. Nama: swastikha
    Twitter: @child_smurf
    Domisi: Surabaya
    Jawaban:

    B. Sunu

    Alasannya tentu dong dia cowok single dan available. Serius menjadi yang kedua itu ndak pernag enak.

    Kalau si Sunu belum bisa move ya. Kita yang harus lebih gencar untuk meyakinkan bahwa kita stang ma dia. Ya kayak lagunya mas once

    Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku
    Meski kau tak cinta kepadaku
    Beri sedikit waktu
    Biar cinta datang karena telah terbiasa

    *ups

    ReplyDelete
  6. nama: Riani Suhandi
    twitter: @RianiSuhandi
    domisili: Jakarta

    Berhubung kalau saya pilih tiga-tiganya berpotensi ditimpuki masa, maka pilihan saya jatuh pada SUNU. Kenapa? Pertama, saya nggak pernah mau berurusan dengan laki orang, jatuh cinta sama cowok yang statusnya masih pacar orang saja berpotensi menyebabkan kecewa akut, apalagi sama laki orang (baca:BERLYN)yang udah punya buntut satu. Dan, kenapa saya nggak pilih Puji? Oh Tuhan, saya tahu bagaimana rasanya di PHP in, jadi I will always say BIG NO untuk semua pelaku PHP. Jadi, cuma SUNU lah yang berpotensi untuk saya pilih di sini, meski dia punya masalalu yang nggak bisa dilepaskan. Oh ayolah... setiap orang punya masa lalu, kan? TErgantung kita mau menghadapinya seperti apa aja semua pasti akan teratasi.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Maharani
    Akun Twitter: @realdianmrani93
    Domisili: Bengkulu

    B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lupakan.
    Karena ...
    Sama seperti Orin, punya masa lalu yang belum bisa ia lupakan, yaitu masih susah move on dari Puji. Namun, tentu tidak selamanya Orin maupun Sunu akan hidup di masa lalunya, bukan? Karena itu telah berlalu. Walaupun pahit, masa lalu akan terasa sempurna bila bisa dijadikan pembelajaran bagi diri. Misalnya untuk Orin, yang tidak langsung menerima Sunu begitu saja. Tentu, dia takut apa yang pernah dirasakannya di masa lalu akan terjadi kembali. Begitu juga dengan Sunu. Sekarang, tergantung masing-masing pribadi menyikapinya, apa mau terus-terusan hidup dalam mati?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama : Ratih Mulyati
    Twitter : @Jju_naa
    Domisili : Palembang
    .
    Mari berandai-andai. Seandainya kalian di posisi
    Orin, kalian bakalan milih siapa?
    .
    Ya ampun, meskipun laki-laki caem(?) di kota ku -
    Palembang- ini sudah habis. Ga mungkin juga
    aku milih Pak Berlyn, Hayati gak mau jadi
    perusak rumah tangga orang. Kesian Anak-
    Istrinya mbak Wulan, Mbak Olly :'( *Ok, ini
    lebay, tapi ini beneran loh.
    .
    Puji? Ok, karena saya belum baca novelnya
    secara langsung cuma ngandelin review-an dari
    yg lain. Jadi, aku ga tau sifat Orin ke Puji si
    melekete(?) ini setelah puji kembali deketin Orin. Tapi, kalau saya jadi Orin, aku bakal PHP-in balik mungkin santet juga :D *Evil Laugh. Jelas, untuk
    apa milih tukang PHP? rugi banyak pastinya.
    .
    Sunu? Iya, saya milih Sunu. Meski ragu juga si
    buat memercayakan hati kita di tangan orang
    yang belum bisa melepaskan masa lalunya,
    karena itu bisa jadi duri di kemudian hari. Tapi,
    semua orang punya masa lalu kan? dan ga
    selamanya kaki itu akan berpijak di
    masalalu kan? semua orang pasti berusaha
    untuk melangkah ke depan.
    Ya, aku bakal cari tahu dulu apa masa lalunya
    itu, dan berusaha membuat Sunu untuk
    melepaskan/melupakan masa lalunya itu. Aku
    akan membuat kehadiran aku itu berarti dulu di
    kehidupan Sunu dan ngasih keyakinan kalau dia bisa sama-sama melangkah kedepan. Perlahan tapi pasti aku yakin Sunu bakal ngalah juga *ngelupain masa
    lalunya. Lagian, dua2nya punya masalah hati kan? (Sunu dgn masa lalunya, Orin dengan PHP Puji) saling mengisi & mensuport aja buat move on dri masalah masing-masing. Ya intinya dlm prosesnya tahan mental. (Aku itu Orin y? ;) )
    .
    Sunu jauh lebih amanlah ketimbang Pak Berlyn,
    apalagi Puji -_- makan hati mbak e.

    ReplyDelete
  11. Nama: Yuliani
    Twitter: @yulianipatty
    Domisili: Tangerang

    JAWABAN:
    Aku gak mungkin jawab A xD Alasannya karena aku bukan PHO (Baca: Perusak Hubungan Orang) apalagi sama yang udah nikah ditambah udah punya anak pula. Itu gak mungkin karena aku juga seorang cewek. Rasanya sakit banget kalo diselingkuhin lebih parahnya lagi kita tahu kalo pacar kita genit ke cewek lain. Kyaaaa>< Sakit oy sakit :"))) *pengalaman*

    Terus aku juga gak mungkin jawab C. Puji si cowok PHP. Ah elah ini bukan pilihan. Lagian aku kebal sama yang namanya di PHP-in. *pengalaman lagi*

    So, aku pilih B. Sunu si single yang udah pasti available. Wk~ Urusan masalalu yang belum bisa move on lambat laun pasti masalalu itu akan dilupain Sunu. Karena hidup ini berjalan dan gak mungkin hidup dalam bayang-bayang masalalu terus. Dan aku akan membantu Sunu untuk melupakan masalalu yang pahit sekalipun dalam hidup Sunu.

    Wish me luck:)))

    ReplyDelete
  12. Baca sinopsisnya, sudah mulai meninggalkan bacaan kaya gini. :D Sukses buat GA-nya. ^^

    ReplyDelete
  13. Nama: David Arifka
    Twitter: @arifka_73
    Domisili: Pekalongan

    Jika berada di posisi orin saya pilih B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.
    Kenapa?
    Pertama dia masih single.
    Kedua, meskipun masalalunya yang tidak bisa dilepaskan dengan beriringnya waktu... Hal seperti itu akan hilang juga... Apabila sunu mempunyai ikatan baru yang lebih baik, lebih sempurna pasti masalalunya akan menjadi masa depan yang luar biasa yaitu kepada orin. Percayalah.... Seperti yang sedang saya alami, awalnya musuh lama-lama sering bertemu dan bertemu akhirnya bisa bersatu meskipun sebagai seorang Rival... Atau saingan. Tap itu jauh lebih baik. Terimakasih..

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  15. Daisy | @daisy_skys| Semarang
    Link tweet :
    https://twitter.com/Daisy_skys/status/693229487408807936

    C. Puji cowok nyebelin yang sudah PHP-in si Orin.



    Kalau Aku Orin , aku pilih Puji yang nggak berisiko . Dia nggak harus khawatir dengan keluarga ataupun masa lalunya .Meskipun menyebalkan dan tukang PHP. Aku kira dia orang yang lebih pas dari pada Berlyn dan Sunu .

    Karena cowok seperti Puji pasti sangat berkesan buat Orin .Meskipun sudah PHP-in Orin dan membuat Orin sebal pasti Orin malah jadi kepikiran terus sama si Puji . Dia sebel sama Puji berarti dia akan meluangkan sedikit waktunya untuk menggerutu ataupun mengingat Puji . Dan bisa aja dong tiba tiba cinta muncul .

    ReplyDelete
  16. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    domisili : Sleman

    Mari berandai-andai. Seandainya kalian di posisi Orin, kalian bakalan milih siapa?
    A. Berlyn yang genit minta ampun, dan sudah mempunyai keluarga.
    B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.
    C. Puji cowok nyebelin yang sudah PHP-in si Orin

    Andai ada pilihan D, mungkin itu yang aku pilih. Tapi pilihan Dnya harus ngisi sendiri. hihihi
    Tapi karena D tidak ada, maka saya akan memilih Puji yang sudah Orin tahu banget dari awal dan memang dialah sosok yang ia kejar elama ini. Puji mungkin cuma sekedar pelampiasan saja menjalin hubungan dengan Sandra karena Orin belum ada di situ. Jadi Orin adalah untuk Puji...

    ReplyDelete
  17. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lenny66677291
    Domisili: Kalimantan Selatan
    Jawaban:
    aku pilih B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan. Karena yang pasti dia itu single walaupun punya masa lalu yang susah dilepaskan, tapi aku yakin kalau masa lalu itu bisa dilepaskan secara perlahan-lahan dan aku akan membantu dia untuk melepaskannya.

    ReplyDelete
  18. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Domisili : Ciamis

    Sesuatu hal memamang tidak ada yang sempurna sih, tapi ini kok yah pilihannya lecet sana-sini hehe
    Oke, sebagai perempuan yang mencoba berpikir di posisi Orin, saya lebih milih Sunu.
    Bukan karena dua pilihan yang lain tidak lebih baik tapi setidaknya di pilihan pertama untuk ukuran perempuan normal kayanya berat banget. Tolonglah, si Berlyn sudah ada yang punya dan bila Orin itu saya, jelas saya tidak mau berbagi apa pun milik saya dengan perempuan lain. Lalu, Puji yang sudah PHP-in. Nah, ini laki-laki masa kini banget. Penyakitnya itu loh, PHP mungkin lebih mending dari tukang selingkuh tapi mas Puji tidak bisa saya pilih jika jadi Orin. Dia terlalu tidak memahami konsep 'percaya' dan komitmen.
    Pilihan terakhir, sekaligus yang kemungkinan mau saya rekrut yah Sunu. Alasannya? Dia punya masa lalu, begitupun saya. Dia belum bisa melupakan masa lalunya, orang yang kelam yah. Tapi kadang menjadi cahaya bagi orang lain itu lebih berarti daripada menemukan cahayamu sendiri. Yah, Sunu banyak kurangnya tapi sebuah hubungan tanpa kekurangan itu dongeng banget. Coba dulu siapa tau cocok. Haha

    ReplyDelete
  19. Nama : Nova
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan

    Saya lebih milih B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan. Kenapa??? karena saya yakin jika dia serius dengan saya dia bisa melepaskan masa lalu. Mungkin untuk saat ini belum tapi lambat laun apalagi jika kami memutuskan untuk komit dalam jenjang pernikahan, saya yakin dengan bijak Sunu bisa melepaskan masa lalunya... :)

    Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  20. Nama: Faiz Istighfara
    Twitter: @lisyaann
    Domisili: Sidoarjo,Jatim

    Mari berandai-andai. Seandainya kalian di posisi Orin, kalian bakalan milih siapa?
    A. Berlyn yang genit minta ampun, dan sudah mempunyai keluarga.
    B. Sunu yang masih single, tapi ada masa lalu yang belum bisa ia lepaskan.
    C. Puji cowok nyebelin yang sudah PHP-in si Orin.

    Aku bakal lebih mending memilih Sunu. Karena jelas, aku nggak akan sudi mau dengan Berlyn yang sudah berkeluarga. Karena jika aku bersamanya, otomatis aku akan merusak kebahagiaan orang lain. Dalam hal ini, istri, anak, dan keluarga mereka. Akan ada banyak orang yang tersakiti. Sedang kalau aku memilih Puji, dia seperti orang yang tidak terlalu serius dalam memandang sebuah hubungan. Tukang PHP. Awalnya deketin, terus deket jauhin dan deket sama yang lain, tapi nanti lagi dia mencoba untuk mendekat lagi. Bukan tipe keren untuk dijadikan pasangan. Tidak bisa berpendirian teguh. Jadi aku akn memilih Sunu saja. Meski dia masih mempunyai masa lalu yang belum bisa dia lepaskan, setidaknya suatu saat nanti, dengan usaha dan kegigihan, lambat laun dia pasti akan move on dan mulai melihat kita. Jadi menurutku jawaban paling tepat adalah Sunu.

    ReplyDelete
  21. Menjadi seorang penulis membutuhkan kreativitas dan wawasan yang luas. Memperbanyak membaca literatur dapat menambah wawasan dan merangsang ide kreatif dalam menyusun novel. Latihlah otak kita menyerupai super komputer sehingga kita mampu memahami dan menghafal ribuan literatur dalam waktu yang sangat singkat dengan bergabung di www.bakatsuper.com

    ReplyDelete