Laman

Visitor

Friday, September 04, 2015

Sing-Py Single Happy Blogtour and Giveaway





Judul: Sing-Py (Single-Happy)
Pengarang: Dewi Rieka
Penerbit: Loveable
Cetakan: Pertama, September 2015
ISBN: 978-602-72905-5-6
Tebal Halaman: 210 Halaman

Buat apa dobel tapi nyakitin kalo bisa single tapi bahagia

Sinopsis
“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”
“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”
Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.


Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.
Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya.
Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy. “Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.

Resensi

Holla! Kali ini Alinea mau resensi buku dan mengadakan giveaway! Yeah! Langsung saja sih, kenapa kalian kudu banget ikutan Giveaway ini. Yup, kalian bakalan dapetin satu buku Sing-Py. Lha, kenapa harus?

Jadi, begini.

Dalam buku ini bercerita mengenai sepuluh perempuan JOMBLO *kenapa harus dicapslock sih* yang tinggal dalam satu atap yang sama. Jadi, ada sebuah kos-kosan yang mengkhususkan penghuninya perempuan jomblo semua. Di sini, jomblo tak sekedar jomblo. Tapi, mereka memiliki alasan masing-masing kenapa berstatus jomblo dalam kos tersebut. 

Misalnya, salah satu karakternya adalah Roro. Dia jomblo karena trauma, guys! Bagaimana tidak trauma, baru saja putus setahun mantannya sudah menikah! Si Roro sok sudah move on segala! Sok kuat! Eh, ternyata waktu ke pernikahan mantannya dia malah pingsan! *pukpuk Roro* Hiks!

Yang dialami Roro itu tidak berlebihan, teman-teman. Saya dulu juga pernah dengar cerita semacam ini, dari teman saya. Jadi, temannya, teman saya itu ditinggal nikah sama mantannya. Dia sama persis seperti si Roro! Sok kuat! Sok udah move on! Hasilnya, sewaktu dia datang ke pesta pernikahan mantannya, dia pingsan! 

Ditinggal kekasih hati memang mengenaskan, ya? Ah, tidak bisa membayangkan bagaimana nasib si Roro.

Dalam buku ini, tak hanya menceritakan kisah Roro. Yang unik dari buku ini adalah, ide dasar dari KOS JOMBLO! Bayangkan saja menemukan kos-kosan dengan harga murah, tempat nyaman, ibu kos cantik jelita, tapi jika ingin kos di sana syaratnya harus Jomblo! Kira-kira Mbak Dewi ini dapat ide dari mana ya? *penasaran*

Bahasa yang digunakan Mbak Dewi sangat REMAJA! Gaya-gaya romcom begitu, deh! Enak sekali bacanya, tak perlu mikir keras buat mengerti. 

Nah, sekarang waktunya Give Away!! Uhuy!




 Lihat ketentuan untuk mengikuti GA ini yak!

1 | Kamu haruslah warga negara Indonesia ASLI dan bertempat tinggal di INDONESIA! 
2 | KAMU HARUS JOMBLO!! Lho? *abaikan poin ini* :D
3 | Follow akun twitter @Loveableous , @dewirieka , dan @wulansarinet 
4 | Share link giveaway ini di twitter dengan hashtag #SingleHappy. Mention @Loveableous @dewirieka dan @wulansarinet. Jangan lupa tag teman kamu untuk ikutan GA kece ini ya!

5 | Jawab pertanyaan di bawah dalam kolom komentar, sertakan Nama, akun twitter, lalu jawaban.
6 | Giveaway hanya berlangsung selama DUA HARI!! Hanya 5-6 September!
7 | Pengumuman pemenang akan saya umurmkan di twitter hari Senin pukul 12:01 MALAM *horor*

Dan, pertanyaannya adalah.......

Jika, kalian berada di posisi RORO ( ditinggal mantan nikah, hiks!) apa yang akan kalian lakukan? Tetap datang ke pesta pernikahan mantan kamu atau tidak? Beri saya alasan ya!

GOOD LUCK!!!  






 photo Ullan2.png

17 comments:

  1. Nama : Retno Kristian
    Twitter : https://twitter.com/_NengGeuLiz

    Jawaban : Jika saya berada di posisi Roro yang notabene baru setahun putus dari sang mantan lalu ditinggal nikah. Pasti masih nyesek banget tuh, boleh deh bibir berucap sudah move on tapi hati pasti berbicara lain. Jadi yaa mending ndak usah datang aja daripada nanti malah makin nyesek. Apalagi kalau ternyata masih memendam rasa, wah bisa makin kacau.

    ReplyDelete
  2. Nama : pramestya
    akun twitter : @p_ambangsari
    jawaban :
    Jika, kalian berada di posisi RORO ( ditinggal mantan nikah, hiks!) apa yang akan kalian lakukan? Tetap datang ke pesta pernikahan mantan kamu atau tidak? Beri saya alasan ya!
    Huwaa, awalnya pasti bingung, dilema, gegana banget mau berangkat apa nggak. Terus mikir (pemikiran sekarang), ngapain nggak berangkat? Entar malah dikira pengecut, masih cinta banget, nggak rela apalagi ikhlas. (padahal mungkin iya)
    Kalau diundang ya berangkat aja. Kalau nggak diundang, masa mau berangkat? Toh, ada manfaatnya juga. Bisa buat menyadarkan diri kalau dia udah ada yang punya, dia udah move on, masa aku kalah? >,< *terus nangis guling-guling*

    ReplyDelete
  3. Nama : Alfi Nuraeni
    Twitter : @specialfi17
    Jawaban :
    Jika, kalian berada di posisi RORO ( ditinggal mantan nikah, hiks!) apa yang akan kalian lakukan? Tetap datang ke pesta pernikahan mantan kamu atau tidak?
    Deg, kalo tiba-tiba dapet undangan sang mantan mau nikah mesti langsung kaget. Ternyata dia udah move on, sedangkan aku kok masih jomblo. Lah --" Terus tahap selanjutnya nyari tau siapa calon istrinya. Oh ternyata enggak kenal. Jadi, antara dateng apa nggak dateng mesti dateng sih kalo diundang, secara dia dulu pernah ada di hidup kita buat mengisi hari-hari kita, ya walaupun masih ada rasa nyesek lah, apalagi kalo masih ngarep sama dia. Seenggaknya sih dateng aja buat ngasih selamatlah, bukankah baik ya buat ikut mendoakan kebahagiaan orang lain. Dih sok bijakk yee. Tapi bukankah mantan memang harus di move on-in ya.Cobalah nyari positifnya aja mungkin dengan kita ditinggal mantan nikah, Tuhan ngasih tau kita bahwa apa benar dulu kita sama dia itu memang cinta sejati apa bukan, toh katanya kalo jodoh nggak akan kemana kan? Berarti kalo kita ditinggal mantan nikah berarti jodoh kita masih gentayangan di daratan bumi sana menanti untuk dipertemukan. Atau mungkin dengan kita dateng ke nikahan dia kita bisa dapet jodoh kita dipesta nikahan dia. Haha. Bukankah jodoh dipertemukan di tempat yang tak terduga?
    Ceritanya kaya kejadian nyata di Sulsel ya, tentang Risna yang nangis sesenggukan di nikahan mantannya Rais. Tapi itu mereka putus karena nggak dapet restu orang tua-nya. Naaah, kalo gitu siapa coba yang nggak bakal sedih.
    Eh tapi kalo misal sang mantan nikah tapi aku udah ada pasangan ya udah sih mesti dateng, haha. Dan ngasih selamat terus minta didoain biar nyusul juga. Hahahaha

    ReplyDelete
  4. Nama : Angelina Arum Wulandari
    Twitter: @angeliaaw249

    Jika, kalian berada di posisi RORO ( ditinggal mantan nikah, hiks!) apa yang akan kalian lakukan? Tetap datang ke pesta pernikahan mantan kamu atau tidak? Beri saya alasan ya!

    Kalau aku sih dateng aja, apa salahnya. Lagian kita juga bisa bandingin tuh cwek sama kita mendingan mana. Kalau misalkan cweknya gk setara sama kita #bahasanyaneng kita gk usah galau deh. Kalau pun ceweknya lebih dari kita, yaudah kita cari cwok lain yang lebih dari dia. Mbulet kan.. Tapi yang paling penting:
    1. Berdoa biar dikuatin Tuhan.
    2. Minum antimo #bwahahaha
    3. Bawa kresek.
    4. Bawa minyak kayu putih.
    5. Bawa air putih juga.
    6. Kalo bisa bawa kecengan atau sepupu cowok yang gk kalah kece sama mantan.
    7. Pas salaman jangan lihat mukanya, merem aja sambil senyum. Kalo gk pakek kaca mata item.
    8. Kalau bener-bener gak kuat, angkat tangan aja jangan pingsan. Malu-maluin.

    Hehehe, makasih kak ~(●●~)

    ReplyDelete
  5. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip

    Jika, kalian berada di posisi RORO ( ditinggal mantan nikah, hiks!) apa yang akan kalian lakukan? Tetap datang ke pesta pernikahan mantan kamu atau tidak? Beri saya alasan ya!

    T.I.D.A.K. saya gak akan datang ke pernikahan mantan karena saya belum siap lahir batin ketemu dia terutama di pelaminan dan bukan saya pendampingnya. dari pada ntar malu-maluin dah malah jadi bahan omongan orang mending gak usah datang deh... *jangan sampek deh*

    ReplyDelete
  6. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya

    Jawaban:
    Sebentar... Roro itu datang ke nikahan mantannya karena diundang atau tidak? Eh, pasti diundang lah ya. Alangkah malunya kalo tahu-tahu nongolin muka tapi ternyata nggak masuk di list undangan. XD
    Kalo aku jadi Roro, ya datang ajalah. Menghormati dan menghargai undangannya. Kalau nggak diundang mah baru haram buat datang. :D
    Lagian putusnya udah setahun yang lalu kan. Udah lumayan lama itu mah. Apalagi kalau putusnya dulu baik-baik. Menurutku nggak ada salahnya aku hadir. Datang dengan niat baik nanti dapat kebaikan juga kok, insya Allah. Anggap aja angin lalu semua yang pernah ada dulu.
    Yang nyakitin tu kalo akunya ditinggal atau diputusin tanpa kejelasan trus tahu-tahu sebulan kemudian dese langsung nikah. Nah itu yang rasanya pengin nyakar mukanya di pelaminan. Mendingan nggak datang kalo kayak gitu mah. XD

    Okay, jadi jawabanku yang sebenarnya adalah DATANG dengan alasan yang sudah kusebutkan di atas. ;)

    ReplyDelete
  7. Nama: Rika Awanti
    Twitter: @rikaaawan

    Kalau aku diposisi Roro. Hm, menurutku datang aja sih. Buktiin sama si mantan kl tidak semua cewek itu kl diputusin bakal selalu sedih bahkan galau. Kita bisa datang kesana dengan mengajak adik atau sepupu laki-laki, meskipun si mantan kenal, seenggaknya aku gak malu jika harus bertemu teman-temannya yang tahu kalau aku ini mantannya. Tetapi kalau biar aman, cari aja teman atau bahkan orang yang gak dikenal untuk diajak ke kawinan mantan, biar mantannya jg rasain kl aku tuh gak bisa diginiin, loh apasih. Ya intinya, datang aja, jgn tunjukin kl kita para perempuan ini akan lemah saat diginiin hahaha ya begitu aja sih, kak. Wish me luck😄

    ReplyDelete
  8. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Id Twitter : @_alifananda
    jawaban : aku pasti datang
    soalnya didalam islam itu salah satu kewajiban sbg seorang muslim sekalian kasih pembuktian kalo aku udah moveon *ceritanya, padahal hati mah mewek miris hehe*

    ReplyDelete
  9. Jiah @jiahjava

    diundang mantan?

    Kalau tdk ada hajat penting, Ya datang lah! Namanya undangan itu hukum wajibnya buat datang. Kalau ngundang mah sunah #AgamisBanget

    tp setelah di sana, kita tdk boleh lebay. Walau masih ada rasa2, stroberry, jeruk, #Eh kita harus menjaga perasaan. Bkn perasaan mantan, tp perasaan pasangan mantan. Bagaimanapun, kita cuma mantan, sedang dia adalah pasangan mantan yg sdh sah baik secara agama mau pun hukum. Status dia lbh tinggi coy. Jgn ada adegan pelukan sambil nangis2 kaya berita di sosmed beberapa wkt lalu. Kita jelas gak mau kan di hari bahagia malah lihat adegan spt itu? Krn saya percaya, ada timbal balik dr apa yg kita lakukan

    ReplyDelete
  10. Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Akun twitter : @inokari_

    Jawaban :

    Tetap datang dong! *pede berlebih* *ditoyor mantan*

    Alasannya :

    Daripada mendem penasaran kek apa penampakan istri si mantan, mending lihat langsung. Kalo cakep ya siapin aja pundak gebetan baru buat nahan sesek di dada. Kalo jelek, ketawain, sambil salaman, bisikin si mantan“Kesian. Ga bisa nyari yang cakepan ya?” *terus mantan kejang-kejang* hihiii :D

    Pokoknya kudu nyiapin mental yang kuat lah yau sebelum datang. Kedatangan kita juga berarti : tegar dan sudah move on. Sesak sih bolehlah nyempil seupil. Tapi kalo datengnya bareng gebetan, atau malah si pacar baru yang bikin level pede naik hingga beberapa tingkat, pasti semuanya bakal lebih mudah.

    ReplyDelete
  11. Nama ; Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki

    Tetep dateng !!!
    Tapi puas-puasin dulu nangis pas malam2 sebelumnya biar pas dinikahannya mantan gak ada lagi air mata yang tersisa, hahaha.
    Lagian dengan datang ke nikahan mantan biar jadi terapi dan motivasi, tuh si mantan udah bisa move on sampai pelaminan, kenapa aku masih mati gaya ? Kalau perlu nikahan mantan jadi cambuk buat bangkit dari cari seseorang yang lebih kece, lebih keren, lebih oke daripada si mantan !! #sikap :D

    ReplyDelete
  12. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498

    Jika, kalian berada di posisi RORO ( ditinggal mantan nikah, hiks!) apa yang akan kalian lakukan? Tetap datang ke pesta pernikahan mantan kamu atau tidak? Beri saya alasan ya!

    Kalau menurut saya sih, mendingan ga usah yah. Pertama, karena emang kamu kuat ngeliat mantan yang masih kita suka bahagia dengan orang lain? Walaupun kita bukan binatang, tapi tetap aja yg namanya posesif itu masih ada kan? Kedua, hati kita bakalan lebih hancur. Udah patah hati pas putus, sakit hati tau dia mau nikah, eh sekarang malah diundang ke pernikahan nya dia? Kamu mau kehilangan nyawa saat itu juga? Ketiga, karena ga ada gunanya juga dateng kesana. Ngeliat mereka yg bahagia, ngeliat orang2 ngucapin selamat, ngambil makanan, foto-foto, habis itu? Pulang dengan hati luka.

    Move on itu perlu, pasti lah, siapa yg ga mau move on dari kenangan indah yg ga bisa dirasain lagi dengan si dia. Dan menurut aku salah satu caranya adalah, pergi dan cari yg baru, yg bisa membuat kita memaafkan masa lalu, dan kembali ke kehidupan semula. Hehe

    ReplyDelete
  13. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia

    Yang pastinya saya akan datang, jika dia memberi surat undangan kepada saya. Alasannya karena saya menghormati. Bukan hanya itu, saya ingin membuktikan kalau saya bisa move on dan yang paling pengen aku lakuin adalah pamer kalo aku juga punya pasangan hihi :D

    ReplyDelete
  14. Icha
    @kardusepatu

    Kalau ditinggal mantan (yang baru putus setahun) menikah, saat aku masih jomblo? Hmm...sepertinya aku harus cek kondisi hatiku dulu nih *tsaahh

    Karena emang ada 2 mantanku yang setelah pisah 1 th:
    1. aku udah move on
    2. aku blm 100% move on

    Jadi kalau yang menikah adalah mantan pertama, aku pasti akan datang ke resepsinya. Ya kenapa enggak? Aku udah nggak punya perasaan apa-apa ke dia, nggak apa-apa dong kalau aku datang.

    Tapi kalau mantan kedua yang nikah, aku nggak datang aja deh. Aku mungkin akan tetap memberinya ucapan selamat via SMS/WA, tapi aku nggak akan menampakkan mukaku pas resepsinya. Aku nggak peduli dikatain orang takut lah, belum move on lah... Karena yang kondisiku ya cuma diriku sendiri. Mungkin ada orang-orang yang kuat mental buat datang, tapi aku jujur nggak kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat:
      Karena yang paham sama kondisiku ya cuma diriku sendiri.

      Delete
  15. Nama: Arfan Jrs
    Twitter: @Arfan_JRocks

    Aku pernah diposisi kaya Roro, tepatnya setahun yang lalu. Jadi aku cerita pengalaman pribadi aja yah.

    Waktu itu aku lagi ngumpul bareng temen, terus ada temen lain yang datang bawa undangan. Pas aku liat, ternyata mantanku mau nikah. Tentu kaget dong, tapi gak kaya Roro sih. Langsung deh dibully rame-rame, ditanyain gak cemburu lah, kapan nyusul lah. Tapi aku berusaha biasa aja, walau dalam hati syok. (soalnya dia nikah muda men)
    Hati pun bimbang antara dateng & gak dateng, akhirnya kuputuskan untuk gak dateng. Alasan gak dateng bukannya karna masih cinta atau gimana, tapi karna belum pernah ke kondangan sebelumnya. Kebayang dong baru pertama kondangan tapi langsung ke kawinan mantan. Sebenernya gak enak juga karna gak dateng, apalagi dia kayaknya nulis undangannya spesial buat aku. (Pas aku liat undangan buatku & buat temen2ku tulisannya beda, itu tulisan tangan mantan)
    Undangannya masih ada dirumah, tapi lupa kutaruh mana. Hehe

    ReplyDelete
  16. Nama : Widya Neva
    Twitter : @widyaneva2


    Kalau ditinggal nikah begitu, hmm...aku datang ajalah. Soalnya udah setahun juga. Aku percaya segalanya akan berubah oleh waktu. Waktu hampir setahun itu kan lama juga. Aku yakin aku udah bisa move on walau belum 100%. Sudah siap juga lihat dia pakai baju pengantin.Aku akan ajak Ibuku ke pestanya. Dengan Ibu aku lebih akan lebih tenang.

    ReplyDelete